Berbagi pengetahua tentang dunia herbal dan kesehatan

Kamis, 25 September 2014

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

susah buang air
Susah buang air besar atau biasa di sebut sembelit adalah gejala umum yang di alami beberapa orang di dunia. Sekitar 2% dari populasi di Indonesia bisa dikatakan sering mengalami masalah susah buang air besar atau sembelit. Sembelit mengacu pada tiga gerakan usus secara spontan. Waktu normal saat buang air besar pada manusia berkisar antara dua sampai tiga kali dalam seminggu. Namun, jika kurang dari tiga hari tidak buang air besar, hal tersebut akan menyebabkan kotoran yang keluar menjadi keras dan sulit untuk di keluarkan.

Pada dasaranya sembelit dapat menyerang di segala usia, tetapi akan menjadi lebih sering terkena sembelit sesuai dengan meningkatnya usia. Sembelit menyerang hampir sepertiga dari semua orang di atas usia 65 tahun dan sebanyak 50 % pada usia 80 tahun.

Sering disebabkan oleh kurangnya asupan serat, kurangnya aktivitas fisik, tidak minum cukup air, atau sering menunda buang air besar.

Sembelit kadang-kadang juga dapat disebabkan oleh penyakit usus(seperti irritable bowel syndrome), kehamilan, kondisi medis tertentu(seperti tiroid aktif atau fibrosis kistik), masalah kesehatan mental, atau penyakit saraf. Penyebab yang lebih serius, seperti kanker usus besar tidak termasuk.

Obat yang dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar adalah antasida yang mengandung aluminium, calcium channel blockers yang digunakan untuk tekanan darah tinggi, antidepresan serta obat nyeri.

Tips untuk mencegah sembelit dan menjaga pergerakan usus normal:
  1. Jangan mendoronga secara paksa untuk mengeluarkan kotoran.
  2. Makan makanan yang kaya dengan sayuran, buah-buahan segar, buah-buahan berserat, gandum, sereal atau oatmeal.
  3. Minum banyak cairan.
  4. Sertakan latihan teratur dalam keseharian Anda. Seorang terapis fisik dapat merekomendasikan latihan apa yang sesuai untuk kemampuan fisik Anda. Isi sebagian pola makan Anda dengan makanan yang mengandung psyllium(Metamucil) atau metilselulosa (Fibercon) seperti pepaya dan aple. Konsumsi secara rutin agar dapat menjaga Anda terhidar dari susah buang air besar.

Resep Mengatasi Sembelit

:
Ambil 8 ons rami, wijen dan biji bunga matahari kupas dan cuci bersih. Kemudain campur menjadi satu. Ambil 1 sendok makan dan campurkan pada salad atau sereal setelah itu konsumsi tiga kali sehari. Tiga bahan tersebut mengandung banyak serat untuk kebutuhan harian Anda. Di dalamnya terkadnung asam lemak omega3 dan vitamin E alami(yang bermanfaat untuk kesehatan Anda). Juga mengandung pelunak feses(seperti dalam docusate sodium) yang dapat membantumengatasi sembelit atau susah buang air besar.

Jika hal-hal di atas tidak cukup membantu, maka mungkin Anda perlu obat pencahar, seperti Miralax, Glycolax, susu magnesium, Exlax, Senokot, Correctol, atau Dulcolax. Namun Terlalu sering menggunakan obat pencahar dapat menyebabkan sembelit diikuti oleh diare dan perubahan metabolik yang bisa berbahaya bagi tubuh Anda.

Sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa sembelit bisa menjadi pertanda penyakit yang lebih serius.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar :

Posting Komentar