Berbagi pengetahua tentang dunia herbal dan kesehatan

Minggu, 27 Juli 2014

Berbagai Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Bawang putih telah digunakan sebagai obat untuk mengobati berbagai macam masalah medis. Penggunaan bawang putih sebagai obat telah menjadi pilihan yang tepat mengingat mudahnya ketersediaan dari tumbuhan ini. Anda dapat menggunakan bawang putih dalam berbagai bentuk seperti bubuk bawang putih, bawang putih serpih, dan bentuk-bentuk lainnya. Tiidak hanya dapat menambah rasa agar lebih enak dalam masakan, tapi juga dapat menambah nilai gizi yang kita butuhkan setiap hari.

Berikut adalah 10 manfaat bawang putih:

  1. Antibakteri
    Bawang putih segar dapat membunuh bakteri jahat seperti E.coli, dan Salmonella enteritidis yang merupakan penyebab utama masalah keracunan. Bawang putih sangat membantu mengendalikan bakteri, virus, dan jamur serta mecegah munculnya infeksi yang di sebabkan oleh cacing.

  2. Mengobati infeksi kulit
    Zat ajoene dalam bawang putih dapat mengobati infeksi jamur kulit seperti kutu air dan kurap.

  3. Membantu mengontrol tekanan darah
    Kandungan Allicin yang ada dalam bawang putih dapat menghambat aktivitas angiotensin II sehingga membantu dalam mengurangi tekanan darah. Polisulfida dalam bawang putih dapat mengkonversinya menjadi hidrogen sulfida melalui sel-sel darah merah. Fungsi hidrogen sulfida ini dapat memperluas pembuluh darah agar tetap stabil.

  4. Membantu masalah kardiovaskular
    Bawang putih melindungi kita dari serangan jantung. Dengan mengkonsumsi rutin bawang putih dapat melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal oksigen bebas. Isi sulfur juga membantu mencegah pembuluh darah dari proses pengerasan arteri. Kandungan ajoene juga dapat mencegah pembekuan dalam pembuluh darah.

  5. Pengobatan Tiroid
    Tingginya tingkat tiroid dalam bawang putih dapat membantu merawat kondisi hipertiroid.

  6. Peningkatan sistem kekebalan tubuh
    Bawang putih kaya akan Vitamin B6 yang dikatakan sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan sangat efektif dalam menumbuhkan sel-sel baru.

  7. Baik untuk penderita alergi
    Bawang putih mengandung anti inflamasi yang membantu dalam memerangi diri dari alergi.

  8. Masalah pernapasan
    Jika Anda rentan terhadap dingin, konsumsilah bawang putih setiap hari. Hal ini akan banyak membantu Anda. Sifat anti bakteri dalam bawang putih juga dapat membantu menenangkan iritasi pada tenggorokan. Selain itu bawang putih juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pernapasan, seperti asma. Bawang putih dapat meredakan bronkitis kronis, serta terbukti menjadi penyelamat hidup pada hampir setiap masalah pernapasan lainnya.

  9. Membantu mencegah kanker
    Manfaat gizi lain yang berguna dari bawang putih adalah jika dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker. Properti allyl sulfida yang terkandung dalam bawang putih membuatnya bersifat anti kanker. Studi menunjukkan bahwa allvl sulfida yang ditemukan dalam bawang putih menahan transformasi PhIP menjadi karsinogen.

  10. Meningkatkan metabolism tubuh
    Ferroportin yang merupakan protein dalam bawang putih dapat membantu penyerapan zat besi dan rilis. Sulfida diallyl yang ditemukan dalam bawang putih juga dapat meningkatkan produksi ferroportin dan metabolisme tubuh.

Berbagai Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar :

Posting Komentar