Berbagi pengetahua tentang dunia herbal dan kesehatan

Rabu, 01 Oktober 2014

Cara Mengatasi Ketombe Membandel Pada Kulit Kepala

Ketombe merupakan masalah kulit kepala paling umum yang diderita oleh banyak orang dewasabaik pria maupun wanita. Namun meskipun begitu, tidak banyak orang yang benar-benar paham bagaimana cara untuk mengatasi munculnya seriphan-serpihan putih pada kulit ini.

Sekedar informasi bagi anda, ketombe bukanlah hewan yang hidup di rambut kita seperti halnya kutu. Ketombe juga bukanlah penyakit menular yang dapat menyebar dari satu orang ke orang lain. Lalu apakah ketombe itu sebenarnya?

ketombe

Ketombe sebenarnya adalah serpihan-serpihan kulit kepala yang mengelupas yang terkumpul menjadi satu karena keringat dan minyak yang diproduksi oleh kulit kepala kita. Pada level yang wajar, pengelupasan kulit kepala tempat tumbuhnya rambut sebenarnya adalah hal yang biasa. Namun hal ini menjadi tidak normal jika pengelupasan terjadi secara terus-menerus secara berlebihan. Nah, pengelupasan sel-sel kulit mati di kepala bagian atas kita inilah yang menyebabkan munculnya ketombe.

Lalu bagaimanakah cara untuk mengatasi ketombe? Masalah ketombe sebenarnya tidak terlalu susah untuk diatasi asalkan anda dapat melakukan perawatan kulit kepala dengan benar. Beberapa tips berikut ini mungkin akan dapat membantu anda mengatasi atau minimal mengurangi ketombe pada kulit kepala anda.

  1. Pilihlah Shampo yang Tepat
    Meskipun pada dasarnya shampo berfungsi untuk menjaga rambut agar tetap sehat, bukan berarti shampo tidak punya efek samping. Efek samping dari produk shampo ini tidak dapat dirasakan oleh semua orang karena pada dasarnya setiap orang mempunyai jenis kulit kepala dengan sensitivitas yang berbeda-beda. Untuk itu, jangan terlalu sering berganti-ganti merk shampo. Jika anda sudah merasa cocok dengan shampo jenis tertentu, sebaiknya gunakan terus shampo merk tersebut untuk menghindari alergi kulit kepala yang dapat memunculkan ketombe.

  2. Perawatan Rambut dengan Daun Pandan
    Siapa sangka jika tanaman yang biasa digunakan sebagai pengharum alami pada masakan ini ternyata cukup ampuh untuk mengusir ketombe. Cara pemanfaatannya adalah dengan menumbuk 4-5 lembar daun pandan muda yang sudah dibersihkan, campur dengan segelas air, lalu gunakan untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat-pijat, diamkan selama lima belas menit, kemudian bilas kepala dengan air sampai bersih. 

  3. Konsumsi Cukup Air
    Dehidrasi pada kulit kepala adalah salah satu penyebab utama munculnya ketombe. Kulit kepala yang terlalu kering akan menyebabkan kulit mudah teriritasi sehingga akan cepat mengelupas. Selain itu, kekurangan cairan tubuh juga akan membuat kulit kepala memproduksi minyak secara berlebihan yang juga akan turut memperparah masalah ketombe anda. Untuk itu, anjuran untuk paling tidak meminum dua liter air setiap hari harus anda jalani. 

  4. Perawatan dengan Minyak Zaitun
    Minyak zaitun memang merupakan salah satu bahan peratana kecantikan yang wajib anda miliki di rumah. Selain dapat membuat kulit menjadi kenyal minyak zaitun ternyata juga sangat ampuh untuk mengatasi ketombe. Hal ini dikarenakan minyak zaitun sangat kaya akan nutrisi terutama vitamin dan antioksidan yang dapat menjaga kulit kepala agar tetap sehat. Untuk mengatasi ketombe dengan minyak zaitun, anda cukup rutin mengoleskan minyak zaitun secukupnya pada kulit kepala sebelum mandi.

Cara Mengatasi Ketombe Membandel Pada Kulit Kepala Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar :

  1. ngebantu banget artikel tentang ketombenya
    thanks banget
    http://idblackwalet.com/

    BalasHapus